Healthy REEFs abundant FISH

Generate Your Own Glitter Graphics @ GlitterYourWay.com - Image hosted by ImageShack.us

Rabu, Maret 05, 2008

COREMAP II dan IYOR 2008

Sepuluh tahun yang lalu, yaitu pada tahun 2007 telah dideklarasikan “International Year of the Reef (IYOR)”. Kampanye IYOR yang pertama telah diinisiasi sebagai tanggungjawab atas meningkatnya ancaman dan terdegradasinya terumbu karang dan asosiasinya, seperti mangrove dan padang lamun. IYOR 97 adalah upaya global untuk meningkatkan kepedulian dan pemahaman tentang terumbu karang serta mendukung konservasi, penelitian dan upaya pengelolaannya.
IYOR 97 dinyatakan cukup berhasil, dengan lebih dari 225 lembaga di 50 negara dan Negara bagian berpartisipasi, lebih dari 700 artikel dalam paper dan majalah dihasilkan, ratusan survey ilmiah dilakukan serta mampu mempercepat inisiasi kebijakan dan konservasi yang didedikasikan untuk terumbu karang dan ekosistemnya. Informasi selengkapnya mengenai IYOR 97 dapat ditemukan di: http://www.publicaffairs.noaa.gov/coral-reef.html
Sepuluh tahun setelah IYOR 97, maka program IYOR akan dilanjutkan pada tahun 2008 mengingat pentingnya kebutuhan untuk meningkatkan kepedulian dan pemahaman mengenai terumbu karang serta untuk mengkonservasi dan mengelola sumberdaya terumbu karang dan asosiasi ekosistemnya yang teramat bernilai ini secara berkelanjutan. Inisiatif Terumbu karang secara internasional (International Coral Reef Initiative) pada tahun 2008 ditandai sebagai tahun terumbu karang internasional/ the International Year of the Reef (IYOR 2008)
Tujuan IYOR 2008 adalah:
• Memperkuat kepedulian tentang manfaat ekologi, ekonomi, sosial dan budaya dari terumbu karang dan ekosistem asosiasinya
• Meningkatkan pemahaman terhadap ancaman kritis dari terumbu karang serta menggerakkan praktek dan solusi inovatif untuk mengurangi ancaman tersebut.
• Menggerakkan aksi penting pada semua tingkatan untuk membangun dan melaksanakan strategi pengelolaan yang efektif untuk konservasi dan pemanfaatan berkelanjutan terhadap ekosistem terumbu karang.
Lebih lanjut, IYOR 2008 merupakan kegiatan kampanye sepanjang tahun dalam berbagai bentuk oleh pemerintah, individu, korporasi, lembaga-lembaga pendidikan di seluruh dunia untuk mempromosikan aksi-aksi konservasi dan memperkuat konstituensi jangka panjang untuk konservasi terumbu karang. Setiap orang diundang untuk secara aktif berpartisipasi dalam kegiatan dimaksud.
Coremap merupakan program jangka panjang yang diinisiasi oleh pemerintah Indonesia, saat ini telah memasuki tahap akselerasi yang bertujuan untuk meningkatkan kedulian dan kesadaran masyarakat , melindungi terumbu karang dan ekosistemnya, serta meningkatkan kesejahteraan dan pendapatan masyarakat pesisir yang mengelolanya.
COREMAP II telah menjadi bagian dari IYOR 2008 untuk mengkampanyekan kepedulian dalam pengelolaan terumbu karang di Indonesia. Sebagai bagian dari focal point IYOR 2008 di Indonesia, Unit koordinasi nasional Coremap II akan menggelar berbagai aktivitas guna menyemarakkan tahun terumbu karang internasional, antara lain:
1. Deep Indonesia 2008. Merupakan kegiatan pameran yang mengexsplor potensi bawah laut terbesar di Indonesia. Pada acara ini secara resmi IYOR 2008 indonesia akan diluncurkan. Beberapa rangkaian kegiatan yang turut menyemarakkan stand COREMAP II, antara lain: (1) Talk Show dengan tema “The Beauty of Coral Reef” tanggal 29 Maret 2008. (2) Workshop Pemerhati Terumbu Karang dengan tema “Ekowisata Bahari Bergantung pada Terumbu Karang” tanggal 28 Maret 2008. (3) Lomba Menggambar dan Mewarnai untuk anak-anak. (4) Lomba poster digital untuk mahasiswa, dan berbagai aktivitas lainnya yang sangat meriah.
2. Journalist Traveling and Writing Competition. Merupakan ajang komunikasi program COREMAP II degan media dalam mengkampanyekan pengelolaan terumbu karang. Sebagaimana telah dilakukan pada tahun sebelumnya, kegiatan ini cukup efektif dalam meningkatkan publikasi mengenai konservasi terumbu karang di media.
3. Duta karang. Merupakan delegasi/wakil-wakil generasi muda daerah yang terpilih untuk mengkampanyekan dan membantun upaya peningkatan penyadaran masyarakat. Selain duta daerah, pada tahun 2008 ini akan dipilih duta karang nasional dari kalangan publik figur
4. Lomba Cipta Lagu Terumbu Karang. Merupakan ajang kreativitas khalayak umum dalam mengekspresikan pesan konservasi terumbu karang kedalam sebuah lagu.
5. Cerdas Cermat. Kegiatan ini dilaksanakan di setiap daerah dan secara Nasional. Cerdas Cermat tingkat Nasional diikuti oleh pelajar tingkat SLTA. Ajang adu kecerdasan dan kecepatan dalam menganalisis upaya pengelolaan terumbu karang ini diharapkan mampu membekali generasi muda untuk mencintai lingkungan khususnya konservasi terumbu karang.
6. Feature COREMAP II. Merupakan upaya publikasi dan penyadaran masyarakat melalui media televisi dan kampanye secara luas melalui digital video compact disk yang dapat diputar oleh masyarakat di lokasi program.
7. Buletin COREMAP II. Media komunikasi internal yang terbit empat kali setahun ini, secara khusus menyajikan rangkaian aktivitas COREMAP II menyemarakkan IYOR 2008
8. Musyawarah Nasional (Munas) dan Pameran COREMAP II. kegiatan pertemuan yang membahas issue pengelolaan terumbu karang nasional dan daerah ini merupakan kegiatan yang kedua, setelah pada tahun 2007 lalu sukses digelar. Pada kegiatan tersebut, sekaligus menandai peluncuran Indonesian Coral Reef Society (INCRES) yang merupakan wadah untuk pemerhati terumbu karang di Indonesia. Munas 2008 ini merupakan Munas kedua yang akan menjadi muara dari berbagai kegiatan dan menjadi puncak aktivitas COREMAP II di tahun 2008. Rencananya, acara ini digelar pada September 2008.
Selain berbagai aktivitas secara nasional, ditingkat daerah program COREMAP II pada tahun 2008 juga didedikasikan untuk menyemarakkan IYOR 2008.
Partisipasi Bapak/ibu sekalian dalam kegiatan ini sangat diharapkan untuk mensukseskan tahun terumbu karang internasional. Info lebih lanjut dapat dilihat pada www.iyor.org. Coremap II sendiri akan mulai melaksanakan kegiatan kampanye ini dengan peluncuran IYOR 2008 Indonesia pada acara pembukaan DEEP Indonesia tanggal 28 Maret 2007. Info lengkap tentang keterlibatan Coremap II dapat dilihat pada www.coremap.or.id


Tim Coremap II

Tidak ada komentar: